General

INISA adalah platform nasional yang hadir untuk mendukung transformasi digital Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia. Melalui kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, INISA dapat melakukan verifikasi data kependudukan & mendukung digitalisasi atas KTP serta dokumen kependudukan lainnya sehingga dapat semakin meningkatkan pelayanan Pemerintah kepada masyarakat Indonesia.

Berikut adalah berbagai keuntungan yang didapatkan pengguna INISA:

  • Akses ke Layanan Digital dengan Identitas Terverifikasi, verifikasi identitas kamu untuk mendapatkan akses ke seluruh layanan INISA.
  • Wisata Tanpa Ribet, beli tiket wisata, akomodasi, dan aktivitas menarik lainnya cukup pakai INISA.
  • Tak Perlu Uang Tunai dan Kartu, beli pulsa, internet data, dan bayar tagihan cukup pakai INISA.
  • Keamanan yang Tinggi, data kamu terenkripsi dan dilindungi oleh sistem kami dengan sistem keamanan tertinggi.

INISA yang sudah dapat diunduh di Play Store dan App Store dilengkapi dengan berbagai layanan publik seperti Sentra Kependudukan, Sentra Pajak, Sentra Wisata, Sentra Tagihan, sampai dengan Bantuan sosial.Masyarakat bisa membayar pajak PBB, tagihan listrik, BPJS Kesehatan, membeli produk dari UMKM lokal sebagai oleh-oleh, sampai dengan melakukan pembelian kebutuhan wisata seperti tiket kapal, tiket pesawat, booking hotel, rental mobil, dan pembelian Sistem Kontribusi Wildlife Komodo beserta penggunaan manfaat-manfaat programnya.

Aplikasi INISA dapat didownload di Playstore untuk Android dan di Appstore untuk iOS. Lakukan registrasi dan nikmati layanan INISA.

Akun dan Pengaturan

  • Masukkan no handphone, lalu OTP akan dikirimkan ke nomor handphone yang didaftarkan.
  • Masukkan kode OTP.
  • Buat PIN dan konfirmasi PIN.
  • Lengkapi profile di menu profile dengan mengisi Nama, dan Email. Lalu Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun Anda.
  1. Masukkan no handphone berikut kode negara, contoh:
    nomor handphone Anda: “+60 888 999 323”, maka nomor yang didaftarkan di aplikasi adalah “60888999323”.
  2. Pilih metode verifikasi OTP menggunakan “Kirim Kode Via Whatsapp”
  3. OTP akan dikirimkan ke nomor handphone yang didaftarkan.
  4. Masukkan kode OTP.
  5. Buat PIN dan konfirmasi PIN.
  6. Lengkapi profile di menu profile dengan mengisi Nama, dan Email. Lalu Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun Anda.

Jika Anda mengalami masalah saat proses registrasi INISA, lakukan pengecekan :

  • Pastikan aplikasi INISA Anda sudah di upgrade ke versi terbaru
  • Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil/baik
  • Nomor telepon yang Anda daftarkan belum pernah terdaftar di INISA, karena setiap nomor telepon hanya dapat digunakan di satu akun INISA.
  • Jika Anda masih mengalami kendala saat proses registrasi, silahkan sampaikan kepada Kami melalui email info@inisa.id
  • Masukkan nomor ponsel yang sudah didaftarkan
  • Masukkan kata sandi
  • Kemudian klik tombol lanjutkan.

Jika Anda mengalami masalah saat proses login, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

  • Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil/baik
  • Uninstall Aplikasi INISA lalu reinstall
  • Lakukan clear cache pada perangkat ponsel dengan cara berikut :
  1. Pilih menu “Setting/Pengaturan” perangkat ponsel
  2. Pilih “Application Manager”
  3. Pilih “Clear Cache”
  4. Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi INISA resmi melalui App Store/Play Store dan telah membaca “Syarat dan Ketentuan” Penggunaan Aplikasi INISA yang berlaku.
  5. Coba login Kembali

Jika setelah melakukan langkah-langkah diatas Anda masih belum berhasil login, Anda dapat menghubungi Kami melalui email info@inisa.id

Jika Anda tidak mendapatkan OTP, hal tersebut terjadi karena:

  • Nomor yang Anda masukkan salah
  • Jaringan/provider Anda sedang bermasalah

Maksimal untuk mendapatkan OTP adalah 3 kali per 5 menit. Setelah itu. Anda dapat mencobanya kembali 1 jam kemudian.

Jika Anda tidak mendapatkan email verifikasi:

  • Anda dapat mengecek folder Spam di email Anda atau mencek tab/folder Promotion di email Gmail Anda.
  • Klik tombol “Kirim Ulang” pada kolom email di menu akun > profil pengguna.

Silakan Clear Cache aplikasi INISA terlebih dahulu. Pastikan jaringan sinyal bekerja dengan baik atau Anda dapat mengirim ulang email verifikasi pada menu profil dan mengklik tombol Kirim Ulang pada email verifikasi yang terbaru.

Data yang dapat diubah adalah :

  • Nama Lengkap (hanya dapat diubah jika belum terverifikasi)
  • Nomor Ponsel (hanya dapat diubah jika belum terverifikasi)
  • Alamat Email
  • Foto Profil

Pengguna INISA tidak dapat memiliki lebih dari satu akun karena satu nomor dan satu identitas pengguna digunakan untuk satu akun INISA.

Segera hubungi Customer Service INISA di email ke info@inisa.id. Tim kami akan segera membantu Anda.

Pengguna dapat menghubungi customer service INISA dengan melalui:

  • Pada aplikasi INISA di menu Akun lalu pilih Whatsapp, 
  • Kemudian bisa juga melalui Website INISA, dan
  • Atau melalui email info@inisa.id.

Pemesanan Anda dianggap batal. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun dan dapat melakukan pemesanan ulang.

Mohon untuk segera menghubungi customer service Digital Platform INISA di Whatsapp 0811-1529-088 atau email ke info@inisa.id

Digitalisasi Identitas

Digitalisasi dan verifikasi identitas kamu untuk mendapatkan akses ke seluruh layanan INISA. Pengguna dapat menyimpan kartu identitas digital di aplikasi INISA dengan aman karena sudah terenkripsi.

Pengguna dapat melakukan digitalisasi kartu identitas:

  • KTP
  • SIM, dan
  • Paspor.

Bisa, hanya saja tidak bisa melakukan transfer dan minta dana.

Jika Anda tidak dapat melakukan verifikasi E-KTP, Anda dapat mengulangi proses verifikasi dan mencobanya secara berkala. Mohon pastikan:

  • Wajah Anda harus berada di dalam area foto
  • Usahakan foto dalam pencahayaan yang baik
  • Jangan menggunakan kacamata saat mengambil foto
  • Pastikan hasil foto tidak buram/blur
  • Pandangan harus fokus ke motion yang ada pada layar handphone Anda dan ikuti instruksi secara tepat gerakan dari proses pengambilan foto wajah
  • Pastikan berada di ruangan yang terang
  • Pastikan sinyal atau jaringan dalam kondisi baik
  • Anda dapat mencoba menurunkan resolusi kamera depan handphone Anda menjadi lebih kecil atau mencoba menggunakan handphone lain.

Sentra Tagihan

Sentra tagihan adalah layanan INISA untuk memudahkan pengguna dalam pembayaran pulsa pascabayar, tagihan listrik, air, BPJS, gas, internet dan tv kabel selain bayar tagihan pengguna juga dapat melakukan pembelian pulsa prabayar, paket data dan listrik prabayar di layanan Sentra Tagihan.

Sentra Wisata

Pengguna dapat menggunakan layanan Sentra Wisata untuk melakukan pembelian tiket / voucher wisata, kuliner, rental mobil dan masih banyak lagi.

Pengguna tidak bisa mengganti tiket wisata ketika sudah melakukan pembayaran.

Tiket yang sudah dibayarkan akan muncul di home (fitur e-ticket), Klik e-ticket dan tiket digital akan muncul dalam bentuk kode QR atau bisa melalui menu Sentra Wisata lalu pilih My Order.

Tidak bisa, tiket yang sudah dibeli tidak bisa ditukar dengan tiket lain.

Sentra Berita

Sentra Berita merupakan salah satu fitur pada aplikasi INISA untuk mengakses dan mendapatkan berita terkini baik daerah dan nasional.

PeduliLindungi

Checkpoint monitoring merupakan sub-fitur di PeduliLindungi yang membantu pengawasan kapasitas gedung, stasiun, hotel, dan fasilitas publik lainnya berbasis QR Code. Pemindaian dilakukan untuk setiap  pintu masuk (check-in) dan pintu keluar (check-out).

Anda bisa menggunakan Checkpoint monitoring yang merupakan sub-fitur di PeduliLindungi yang membantu pengawasan kapasitas gedung, stasiun, hotel, dan fasilitas publik lainnya berbasis QR Code. Pemindaian dilakukan untuk di setiap pintu masuk (check-in) dan pintu keluar (check-out).

Sentra Pajak

Sentra pajak adalah layanan yang disediakan INISA untuk memudahkan pengguna dalam membayar pajak, saat ini pajak yang dapat dibayarkan di INISA adalah Pajak PBB.